Kunci Jawaban Erlangga Geografi Kelas 11 Uji Pemahaman Halaman 20-21 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, September 9

Kunci Jawaban Erlangga Geografi Kelas 11 Uji Pemahaman Halaman 20-21

Kita coba bahas lagi kunci pembahasan uji pemahaman Erlangga geogafi kelas 11. Silahkan disimak dan dipahami, jangan hanya menyalin jawaban.

Pemahaman tentang soal dan jawaban akan membantu kamu mendapatkan nilai baik di ulangan maupun ujian.

1. Perhatikan peta berikut!

Berdasarkan peta tersebut, terjadinya perubahan musim di Indonesia disebabkan oleh pengaruh letak ....
a. astronomis
b. geogafis
c. geologis
d. geomorfologis
e. histroris

Kunci
Perubahan musim di Indonesia dipengaruhi aliran angin monsun sebagai akibat lokasi geogafis Indonesia yang berada diantara benua Asia dan Australia dan dua samudera yaitu Hindia dan Pasifik.

2. Penyebab terjadinya angin monsun timur pada periode April-Oktober adalah ...
a. posisi matahari berada di belahan bumi bagian selatan
b. terjadi musim kemarau di Indonesia
c. terjadi musim hujan di Indonesia
d. angin berhembus dari benua Australia menuju benua Asia
e. tekanan udara di benua Australia lebih rendah dibandingkan benua Asia

Kunci
Penyebab angin muson berhembus di April-Oktober adalah karena posisi matahari berada di atas Asia, sehingga tekanan di benua Australia lebih rendah dibandingkan di Asia.

2. Perhatikan pernyataan:
1) wilayah Indonesia berada di kawasan iklim tropis
2) Indonesia banyak memiliki gunung api
3) perairan laut Indonesia menjadi salah satu jalur perdagangan utama dunia
4) wilayah Indonesia mengalami musim hujan dan kemarau
5) terjadi akulturasi budaya antara budaya nasional dan budaya asing
Pernyataan yang menjelaskan keuntungan letak geografis Indonesia ditunjukkan angka ...
a. 1), 2), 3)
b. 1), 3), 5)
c. 2), 3), 4)
d. 2), 3), 5)
e. 3), 4), 5)

Kunci
Keuntungan lokasi geogarfis Indonesia sebagai pusat transit perdagangan, memengaruhi pola angin muson dan pertukaran budaya. Jadi jawabannya 2), 3) dan 5)

Cermati stimulus untuk menjawab soal no 4-5!
4. Berilah tanda centang pada kolom sesuai atau tidak sesuai berdasarkan stimulus!
a. Angin puting beliung sering terjadi di wilayah Indonesia karena wilayah ini memiliki iklim tropis. (tidak sesuai)
b. Angin puting beliung terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin kencang. (sesuai)
c. Angin puting beliung di Provinsi Jawa Timur menyebabkan kerusakan ringan. (sesuai)
d. Bencana angin puting beliung terjadi saat musim kemarau. (tidak sesuai)
e. Memangkas ranting pohon yang rapuh merupakan salah satu cara menghadapi resiko bencana angin puting beliung. (sesuai)

5. Bagaimana mitigasi bencana angin puting beliung yang dapat dilakukan saat Anda berada di skeolah, di dalam kendaraan dan di luar ruangan?

Jawaban
1. Di Sekolah
Rencana Evakuasi: Pastikan sekolah memiliki rencana evakuasi yang jelas dan terlatih. Siswa dan staf harus tahu rute evakuasi dan lokasi perlindungan yang aman.
Tempat Perlindungan: Identifikasi area di sekolah yang paling aman selama puting beliung, seperti ruang bawah tanah atau area interior tanpa jendela. Jika tidak ada ruang bawah tanah, pilihlah area yang jauh dari dinding luar dan jendela.
Latihan Keselamatan: Lakukan latihan secara rutin tentang cara menghadapi puting beliung. Latihan ini harus mencakup bagaimana bergerak cepat ke tempat perlindungan yang aman dan apa yang harus dilakukan jika terjebak.
Kiat Keamanan: Ajari siswa untuk tetap tenang, melindungi kepala mereka, dan tetap di tempat perlindungan hingga bencana berakhir.

2. Di Dalam Kendaraan
Cari Perlindungan Segera: Jika Anda berada di dalam kendaraan dan mendeteksi tanda-tanda puting beliung, segera cari tempat perlindungan. Jangan mencoba untuk menghindari puting beliung dengan kendaraan.
Tempat Aman: Jika memungkinkan, carilah tempat berlindung di bangunan yang kokoh. Jika tidak ada, cobalah untuk berhenti di area rendah yang jauh dari jembatan dan bangunan besar, dan tetap di dalam kendaraan dengan sabuk pengaman terpasang.
Jangan Berteduh di Bawah Jembatan: Menghindari berteduh di bawah jembatan atau struktur lain yang bisa runtuh selama puting beliung.
Amankan Kendaraan: Jika Anda tidak dapat menemukan tempat berlindung yang aman, parkirkan kendaraan Anda dengan aman, jauh dari pohon dan struktur yang bisa menimpa kendaraan.

3. Di Luar Ruangan
Cari Tempat Perlindungan: Jika Anda berada di luar ruangan dan mendeteksi puting beliung, cari perlindungan di bangunan kokoh. Jika tidak ada bangunan di sekitar, carilah tempat berlindung di area rendah seperti parit atau saluran air.
Jangan Berdiri di Bawah Pohon: Hindari berlindung di bawah pohon atau struktur besar yang bisa tumbang selama puting beliung.
Posisi Tubuh: Jika tidak ada tempat perlindungan dan terpaksa harus berada di luar, tutupi kepala dan leher Anda dengan tangan atau tas untuk melindungi diri dari puing-puing yang terbang.
Jangan Berlari: Berlari dalam angin puting beliung sangat berbahaya. Jika tidak bisa menemukan perlindungan, cari area yang terlindung sejauh mungkin.

@agnassetiawan Amunisi pejuang PPPK 2024 sudah tersedia. Cek keranjang kuning, sebelum stok habis. Segera siapkan diri dari sekarang jika ingin juara. #pppk2024 #pppkteknis #pppk #pejuangpppk #jadiasn2024 ♬ suara asli - Agnas88

Yuk Sebarkan Artikel Ini

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close