Kunci Jawaban Erlangga Geografi Kelas 11 Uji Pemahaman Halaman 36-37 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, September 15

Kunci Jawaban Erlangga Geografi Kelas 11 Uji Pemahaman Halaman 36-37


Di postingan ini kita lanjut lagi buat ngebahas kunci jawaban uji pemahaman Erlangga Geografi kelas 11 halaman 36-37.

Topik yang diujikan adalah seputar lokasi geologgis dan dampaknya bagi kehidupan. Bagi yang belum paham apa itu lokasi geologis Indonesia silahkan baca dulu artikel Dampak Lokasi Geologis Indonesia.

1. Perhatikan pernyataan berikut:
1) memiliki sumber daya alam melimpah
2) beresiko tinggi mengalami gempa bumi dan tsunami
3) bentuk rupa bumi Indonesia sangat beragam
4) terjadi dua musim, kemarau dan penghujan
5) Indonesia dilalui jalur perdagangan dunia

Pernyataan yang berhubungan dengan letak Indonesia secara geologis ditunjukkan angka ...
a. 1), 2) dan 3)
b. 1), 3) dan 5)
c. 2), 3) dan 4)
d. 2), 3) dan 5)
e. 3), 4) dan 5)

Kunci
Letak geologis Indonesia yang berada di batas pertemuan 3 lempeng aktif memungkinkan terbentuknya berbagai macam fenomena yaitu adanya sumber daya alam melimpah terutama mineral bahan galian strategis, beresiko gempa dan tsunami dan kenekaragaman topografi karena kombinasi gaya endogen dan eksogen di setiap pulau jadi jawabannya A.

2. Perhatikan pernyataan berikut:
1) terdapat potensi geotermal
2) memengaruhi persebaran flora dan fauna Indonesia
3) bentuk topografi beragam
4) terdapat dua musim
5) terdapat luas lahan hutan hujan tropis yang sangat besar

Letak geologis Indonesia berada di antara dua sirkum pegunungan muda, tiga dangkalan, dan tiga lempeng tektonik. Pengaruh kondisi tersebut terhadap wilayah Indonesia ditunjukkan angka ...
a. 1), 2) dan 3)
b. 1), 3) dan 5)
c. 2), 3) dan 4)
d. 2), 3) dan 5)
e. 3), 4) dan 5)

Kunci
Pengaruh lokasi geologis Indonesia adalah adanya potensi panas bumi alami, persebaran flora fauna yang unik (karena sejarah geologi dangkalan sunda dan dangkalan sahul), dan topografi yang beragam. Jadi jawabannya A.

Cermati stimulus berikut untuk menjawab soal no 3 dan 4 (peta status gunung api Indonesia)

3. Berdasarkan stimulus tersebut, apakah anda setuju jika pemerintah Indonesia mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan untuk meminimalkan resiko bencana erupsi?

Kunci

Saya tentu setuju jika pemerintah Indonesia mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan untuk meminimalkan risiko bencana erupsi. Indonesia terletak di Ring of Fire, kawasan dengan aktivitas vulkanik tinggi, sehingga pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan terkait bencana erupsi sangat penting.

Dengan memanfaatkan teknologi dan riset, pemerintah bisa memperbaiki sistem peringatan dini, memahami pola aktivitas vulkanik, dan merancang strategi mitigasi yang lebih efektif. Ini juga dapat melibatkan pemetaan risiko, simulasi bencana, serta pengembangan bahan bangunan dan infrastruktur yang lebih tahan terhadap dampak erupsi.

Langkah-langkah ini bisa membantu mengurangi dampak kerugian manusia dan materi, serta meningkatkan kesiapsiagaan dan respons masyarakat terhadap bencana.

4. Menurut anda, manakah wilayah yang harus memiliki tingkat kewaspadaan tinggi terhadap erupsi gunung api, jelaskan alasannya!

Kunci
Wilayah yang berada di dekat zona subduksi yaitu Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Maluku Utara.

Wilayah yang disebutkan tadi adalah rumah terbentuknya gunung api aktif di Indonesia sehingga perlu kewaspadaan tinggi untuk meminimalisir dampak negatif erupsi.
@agnassetiawan Amunisi pejuang PPPK 2024 sudah tersedia. Cek keranjang kuning, sebelum stok habis. Segera siapkan diri dari sekarang jika ingin juara. #pppk2024 #pppkteknis #pppk #pejuangpppk #jadiasn2024 ♬ suara asli - Agnas88

Yuk Sebarkan Artikel Ini

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close