Jadi Narasumber Diklat Geografi Nasional, Tips dan Trik Membuat Soal HOTS dan Literasi dengan Stimulus Fenomena Geosfer - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, September 26

Jadi Narasumber Diklat Geografi Nasional, Tips dan Trik Membuat Soal HOTS dan Literasi dengan Stimulus Fenomena Geosfer

Sejak tiga hari lalu dari senin hingga rabu malam kemarin saya diminta mengisi diklat guru geografi Indonesia yang diselenggarakan oleh platform e-guru.

Pada diklat tersebut saya bertindak sebagai narasumber untuk memfasilitasi diskusi mengenai asesmen dalam pembelajaran geografi. 

Hari pertama, saya membuka diklat dengan pengenalan asesmen yang dibagi menjadi asesmen kognitif dan non kognitif. Banyak guru bercerita seputar keluh kesah mereka dalam melakukan asesmen. 

Selain itu kita juga membahas tentang teknik-teknik asesmen geografi yang paling ampuh dilakukan kepada siswa untuk melihat perkembangan pemahaman mereka terkait fenomena geosfer.

Di hari pertama, ada lebih dari 180 guru geografi yang ikut serta dari seluruh Indonesia. Luar biasa bisa bersilaturrahim via daring.

Di hari kedua, saya memberikan tips dan contoh-contoh soal HOTS geografi. Pembelajaran hots dibutuhkan untuk memacu nalar anak remaj. Isu-isu geosfer kekinian perlu diberikan kepada siswa untuk dianalisis lebih dalam.

Kemudian di hari terakhir saya coba berikan materi terkait soal literasi numerasi dengan konteks bacaan fenomena geosfer. Membuat soal literasi dan numerasi dengan konten geosfer memerlukan latihan berulang agar terbiasa.

Berikut cuplikan foto kegiatan zoom tiga hari kemarin. Semoga bisa kembali bertemu lain waktu dan kesempatan. Jaya terus geograf Indonesiam



Baca Juga
Post ADS 1

Yuk Sebarkan Artikel Ini

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close