FR Soal Prediksi PPPK Profesional/Teknis Guru Geografi 2024 [No 26-30] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Agustus 25

FR Soal Prediksi PPPK Profesional/Teknis Guru Geografi 2024 [No 26-30]


Lanjut lagi teman-teman kita akan bahas contoh pembahasan soal PPPK Guru Geografi yang pernah saya kerjakan di tahun 2023 lalu untuk latihan kalian.

Soal-soal tersebut berdasarkan rekaman memori saya selepas tes yang langsung saya tuliskan, jadi pasti valid ya teman-teman. Gunakan untuk belajar dengan maksimal.

26. Proses eksogen bermanfaat bagi kehidupan diantaranya untuk pembentukkan bahan galian, dikarenakan ....
a. proses endogen mentransfer bahan galian ke permukaan lalu gaya eksogen seperti erosi membuat bahan galian tersingkap
b. proses endogen mentransfer bahan galian ke permukaan lalu gaya eksogen seperti diastropisme melakukan perombakan bahan galian
c. proses endogen mentrasfer bahan galian lewat media air, angin es dan proses eksogen membentuk bahan galian menjadi bervariasi dalam susunan kimia
d. proses endogen membentuk bahan galian di atas permukaan tanah dan proses eksogen seperti pelapukan memecah bahan galian
e. proses endogen menggerakan lempeng tektonik yang membawa bahan galian dan proses eksogen seperti sedimentasi memetamorfosis bahan galian

Kunci
Tenaga endogen berasal dari dalam bumi terdiri dari tektonsisme, vulkanisme, seisme. Sementara tenaga eksogen berasal dari luar permukaan bumi yaitu pelapukan, erosi, sedimentasi. Maka jawaban yang tepat adalah A. Magma dari dalam bumi dan fenomena tektonisme akan membawa bahan galian dari dalam menuju permukaan bumi. Setelah itu erosi di atas permukaan akan menyingkap bahan galian sehingga dapat dieksploitasi manusia.

27. Perbedaan data diskrit dan data kontimum adalah ....
a. data diskrit adalah hasil perhitungan, data kontimum hasil pengukuran
b. data diskrit adalah hasil foto udara, data kontimum hasil pengukuran
c. data diskrit berupa kualitatif, data kontimum berupa kuantitatif
d. data diskrit berupa hasil wawancara, data kontimum hasil angket
e. data diskrit berupa titik, garis, poligon, data kontimum berupa deskripsi objek

Kunci
Perbedaan antara data diskrit dan data kontinu berkaitan dengan cara data tersebut diukur atau dihitung dan jenis nilai yang dapat mereka ambil.
  • Data diskrit adalah data yang dapat dihitung dan biasanya berupa bilangan bulat atau kategori terpisah, yang tidak memiliki nilai di antara kategori-kategori tersebut. Contoh data diskrit termasuk jumlah anak dalam keluarga, jumlah mobil yang terdaftar, atau hasil undian.

  • Data kontinu adalah data yang dapat diukur dan dapat memiliki nilai pada setiap titik dalam rentang nilai yang mungkin. Data kontinu bisa memiliki nilai pecahan dan tidak terbatas pada nilai tertentu. Contoh data kontinu termasuk tinggi badan, berat badan, atau suhu.

Berdasarkan penjelasan tersebut, pernyataan yang paling tepat adalah:

a. Data diskrit adalah hasil perhitungan, data kontinu hasil pengukuran.

28. Berikut ini yang merupakan kelebihan data raster adalah ....
a. struktur lebih sederhana
b. kualitas tampilan terbatas
c. penyimpanan file besar
d. sulit melakukan analisis interelasi
e. tidak efisien dalam penyimpanan

Kunci
Data raster memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya sering digunakan dalam berbagai aplikasi, terutama dalam pengolahan citra dan analisis spasial. Di antara pilihan yang diberikan, kelebihan utama dari data raster adalah:

a. Struktur lebih sederhana

Data raster menggunakan grid persegi panjang (piksel) untuk mewakili informasi spasial, yang membuat strukturnya relatif sederhana dibandingkan dengan data vektor. Struktur ini memudahkan pengolahan data, analisis spasial, dan penerapan teknik pemrosesan citra.

Pilihan lainnya seperti kualitas tampilan terbatas, penyimpanan file besar, sulit melakukan analisis interelasi, dan tidak efisien dalam penyimpanan tidak benar-benar mencerminkan kelebihan data raster. Sebaliknya, kualitas tampilan terbatas, penyimpanan file besar, dan efisiensi dalam analisis adalah tantangan atau kekurangan yang sering terkait dengan data raster.

29. Saat mengamati globe, anak dapat menamai daerah yang ada pada globe. Dalam teori respon Guge maka proses yang terjadi adalah ....
a. informasi verbal
b. kemahiran intelektual
c. pengaturan kognitif
d. keterampilan motorik
e. pemahaman sikap

Kunci
Fase informasi verbal merupakan pengetahuan yang dimiliki seseorang dan dapat diungkapkan dalam bentuk bahasa, lisan, dan tertulis. Pengetahuan tersebut diperoleh dari sumber yang juga menggunakan bahasa, lisan maupun tertulis. Informasi verbal meliputi ”cap verbal” dan ”data/fakta”. Cap verbal yaitu kata yang dimiliki seseorang untuk menunjuk pada obyek-obyek yang dihadapi, misalnya ’kursi’. Data/fakta adalah kenyataan yang diketahui, misalnya ’Ibukota negara Indonesia adalah Jakarta’.

30. Bencana karena pemanasan global yang memiliki skala kejadian paling luas adalah ...
a. banjir rob
b. siklon tropis
c. kekeringan
d. banjir bandang
e. kebakaran lahan

Kunci
Bencana yang disebabkan oleh pemanasan global dan memiliki skala kejadian paling luas biasanya adalah:

c. kekeringan

Pemanasan global dapat menyebabkan peningkatan suhu global yang pada gilirannya dapat menyebabkan penurunan curah hujan atau perubahan pola hujan, sehingga meningkatkan frekuensi dan intensitas kekeringan di berbagai wilayah. Kekeringan bisa berdampak pada wilayah yang sangat luas, mempengaruhi pasokan air, pertanian, dan ekosistem secara signifikan.

Banjir rob, siklon tropis, banjir bandang, dan kebakaran lahan juga terkait dengan pemanasan global, namun kekeringan memiliki dampak jangka panjang dan skala yang lebih luas dalam konteks global.

@agnassetiawan Amunisi pejuang PPPK 2024 sudah tersedia. Cek keranjang kuning, sebelum stok habis. Segera siapkan diri dari sekarang jika ingin juara. #pppk2024 #pppkteknis #pppk #pejuangpppk #jadiasn2024 ♬ suara asli - Agnas88

Yuk Sebarkan Artikel Ini

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close