FR Soal Prediksi PPPK Profesional/Teknis Guru Geografi 2024 [No 16-20] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Agustus 20

FR Soal Prediksi PPPK Profesional/Teknis Guru Geografi 2024 [No 16-20]


Lanjut lagi kita bahas soal CPNS/PPPK Teknis guru geografi 2024 untuk menemai kamu belajar. Jangan lupa untuk share blog ini ke teman-teman lain.

Yang mau paket ebook sukses CPNS/PPPK Guru Geografi boleh chat saya.

16. Untuk meningkatkan mobilitas wisatawan ke Borobudur, Mandalika dan Toba maka kebijakan pemerintah yang tepat adalah pembangunan ....
a. bandara, perbaikan jalan raya, pelabuhan
b. stasiun, bandara, pembangunan tower telekomunikasi
c. jembatan, jalur bussway, jalur KRL
d. hotel, sarana ibadah, pelabuhan
e. pelabuhan, jalan tol, kebijakan free visa

Kunci
Untuk meningkatkan mobilitas wisatawan ke destinasi seperti Borobudur, Mandalika, dan Toba, kebijakan pemerintah yang tepat adalah:

a. bandara, perbaikan jalan raya, pelabuhan

Pembangunan bandara akan mempermudah aksesibilitas dari luar daerah atau negara. Perbaikan jalan raya akan meningkatkan konektivitas dan kemudahan transportasi darat ke lokasi-lokasi wisata. Pelabuhan juga penting, terutama untuk daerah-daerah yang bisa diakses melalui jalur laut. Ketiga aspek ini saling melengkapi dan sangat penting dalam mendukung mobilitas wisatawan.

17. Kondisi yang mencerminkan Indonesia sebagai negara maritim adalah ....
a. negara kepulauan terbesar di dunia
b. garis pantai terpanjang setelah Kanada
c. memiliki lebih dari 167 gunung api aktif
d. memiliki keanekaragaman hayati tinggi
e. terdapat zona megathrust dasar laut

Kunci
Kondisi yang mencerminkan Indonesia sebagai negara maritim adalah:

a. negara kepulauan terbesar di dunia

Indonesia terdiri dari lebih dari 17.000 pulau, menjadikannya negara kepulauan terbesar di dunia. Keberadaan banyak pulau dan lautan yang mengelilinginya menjadikan Indonesia negara maritim yang penting secara global.

18. Amati pola ruang kota di bawah!
Zona manufaktur berada di angka no .....
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

Kunci
Gambar menunjukkan pola ruang kota Hommer Hoyt. Model Hoyt berargumen bahwa kota berkembang dalam bentuk sektor-sektor yang memancar dari pusat kota. Berbeda dengan model Concentric Zone (Zona Konsentris) oleh Ernest Burgess yang berfokus pada zona-zona melingkar, model Hoyt menyarankan bahwa penggunaan lahan cenderung menyebar dalam pola sektoral yang mengikuti pola transportasi dan keinginan penggunaan tanah.

Zona 1 adalah CBD, zona 2 adalah manufaktur, zona 3 adalah pemukiman kelas bawah, zona 4 pemukiman kelas menengah dan zona 5 pemukiman kelas atas.

19. Perhatikan gambar!

Hierarki pola ruang di atas termasuk ke dalam ....
a. pusat pasar optimum
b. pusat lalu lintas optimum
c. pusat pemerintahan optimum
d. pusat administratif optimum
e. pusat tenaga kerja optimum

Kunci
Teori Walter Christaller adalah teori yang dikembangkan pada tahun 1933 dan dikenal sebagai "Teori Pusat Tempat" atau "Central Place Theory". Teori ini berfokus pada pola distribusi dan hierarki pusat tempat atau pusat pelayanan dalam ruang geografis, dengan tujuan untuk menjelaskan bagaimana dan mengapa pemukiman dan aktivitas ekonomi tersebar secara tidak merata di suatu wilayah. Ada 3 hierarki teori tempat sentral yaitu:

K3 = Principle of Market Principle: Memastikan bahwa pusat-pusat tempat dalam hierarki memaksimalkan cakupan pasar mereka dengan meminimalkan jarak perjalanan bagi penduduk. Area cakupan wilayah meliputi 1/3 bagian dari titik pusat layanan.

K = 4 Principle of Transportation Principle: Mengatur jaringan transportasi dengan efisiensi untuk mendukung distribusi layanan antar pusat tempat. Area cakupan wilayah meliputi 1/2 bagian dari titik pusat layanan.

K = 7 Principle of Administrative Principle: Menyusun sistem administratif dengan memanfaatkan pusat tempat yang lebih besar untuk melayani pusat tempat yang lebih kecil. Area cakupan wilayah meliputi 1 bagian dari titik pusat layanan.

Jadi gambar menunjukkan level hierarki K3, pusat pasar optimum.

20. Amati grafik peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia di bawah. Peningkatan pertumbuhan ekonomi tertinggi terjadi pada tahun ....
a. 2010
b. 2007
c. 2002
d. 2005
e. 2020

Kunci
Cari grafik selisih tertinggi, maka jawabannya pada tahun 2009 ke 2010. Yaitu 6,2 - 4,6 = 1,6 % kenaikannya.

@agnassetiawan Amunisi pejuang PPPK 2024 sudah tersedia. Cek keranjang kuning, sebelum stok habis. Segera siapkan diri dari sekarang jika ingin juara. #pppk2024 #pppkteknis #pppk #pejuangpppk #jadiasn2024 ♬ suara asli - Agnas88

Yuk Sebarkan Artikel Ini

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close