FR Soal Prediksi PPPK Profesional/Teknis Guru Geografi 2024 [No 11-15] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Agustus 19

FR Soal Prediksi PPPK Profesional/Teknis Guru Geografi 2024 [No 11-15]


Lanjut lagi kita bahas soal PPPK profesional guru geografi part selanjutnya. Pastikan pantengin terus blog saya untuk update pembahasannya.

Kunci utama untuk raih skor tinggi di seleksi PPPK adalah dengna menguasai topik sebanyak mungkin. Pastikan kalian menjadi seorang pembaca yang baik.

11. Jika terdapat kenampakan danau tawar dekat pantai yang terus dieksploitasi warga maka dampak yang mungkin terjadi ke depannya adalah ....
a. terjadi ekstrusi air laut
b. terjadi intrusi air laut
c. banjir bandang terjadi
d. adanya banjir rob
e. terjadi fenomena eutrofikasi massal

Kunci
Jawaban yang tepat adalah b. terjadi intrusi air laut.

Intrusi air laut adalah fenomena ketika air laut masuk dan mencemari air tawar, yang biasanya terjadi ketika air tanah tawar dieksploitasi secara berlebihan. Jika air tawar dari danau dekat pantai terus dieksploitasi, keseimbangan tekanan antara air tawar dan air laut terganggu, sehingga memungkinkan air laut untuk merembes ke dalam sumber air tawar. Hal ini akan menyebabkan penurunan kualitas air tawar karena tercampur dengan air asin.

12. Pernyataan:
1) Kerjasamaa Indonesia-Australia di bidang pangan
2) Indonesia mengikuti forum KTT G20
3) Penandatanganan kerja sama pertukaran pelajara Indonesia-Korsel
4) Indonesia masuk keanggotan OKI
5) Perundingan batas laut Indonesia Filipina
6) Presiden Jokowi bertolak ke Jepang untuk mengkikuti pertemuan pemimpin APEC
Pernyataan mencermnikan kerjasama multilateral ditunjukkan angka ...
a. 1), 2), 4)
b. 2), 4), 6)
c. 3), 4), 5)
d. 1), 3), 5)
e. 4), 5), 6)

Kunci
Jawaban yang tepat adalah b. 2), 4), 6).

Kerja sama multilateral melibatkan lebih dari dua negara atau pihak dalam sebuah forum atau organisasi internasional. Pernyataan 2), 4), dan 6) mencerminkan kerja sama multilateral karena:

2) Indonesia mengikuti forum KTT G20: KTT G20 melibatkan banyak negara (multilateral).
4) Indonesia masuk keanggotaan OKI: OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) adalah organisasi internasional dengan banyak anggota (multilateral).
6) Presiden Jokowi bertolak ke Jepang untuk mengikuti pertemuan pemimpin APEC: APEC adalah forum ekonomi multilateral yang melibatkan berbagai negara.
Pernyataan lainnya lebih mencerminkan kerja sama bilateral atau hubungan dua negara.

13. Kondisi sungai permanen terjadi karena ...
a. water table lebih tinggi dari permukaan air sungai 
b. aliran sungai yang hanya ada pada musim hujan dan mengering selama musim kemarau
c. water table berada di dasar aliran sungai
d. memiliki banyak saluran meander
e. erosi lateral lebih tinggi dibandig vertikal

Kunci
Kondisi sungai permanen terjadi karena water table (muka air tanah) berada lebih tinggi dari permukaan air sungai. Ini memastikan bahwa air tanah terus-menerus mengisi aliran sungai, sehingga sungai tidak mengering dan terus memiliki aliran air sepanjang tahun. Ilustrasi water table ada di bawah.
14. Faktor yang mempengaruhi perbedaan kenampakan savana adalah ...
a. curah hujan rendah
b. relief bervariasi
c. intensitas penyinaran tinggi
d. kelembaban tinggi
e. adanya sungai ephemeral

Kunci
Curah hujan rendah memicu pembentukan savana karena iklim dengan curah hujan yang terbatas menciptakan kondisi yang mendukung dominasi padang rumput dengan sedikit pohon atau semak-semak yang tersebar. Berikut alasan mengapa curah hujan rendah berkontribusi pada pembentukan savana:

Ketersediaan Air Terbatas: Curah hujan yang rendah berarti air tanah yang tersedia untuk tanaman juga terbatas. Ini menghambat pertumbuhan hutan lebat yang membutuhkan air lebih banyak, sementara rumput dan beberapa jenis pohon yang lebih tahan terhadap kekeringan bisa bertahan.

Musim Kering yang Panjang: Savana biasanya memiliki musim kering yang lebih panjang dibandingkan musim hujan. Selama musim kering, sebagian besar vegetasi yang membutuhkan banyak air tidak dapat bertahan, sehingga savana didominasi oleh jenis tumbuhan yang bisa bertahan dengan sedikit air, seperti rumput dan pohon-pohon tahan kekeringan.

Regenerasi Vegetasi Terbatas: Karena curah hujan terbatas dan musim hujan pendek, proses regenerasi hutan tidak bisa berlangsung dengan baik. Ini menyebabkan pepohonan hanya tumbuh secara sporadis dan tidak membentuk kanopi tertutup seperti di hutan.

Kebakaran Alami: Curah hujan yang rendah juga meningkatkan kemungkinan kebakaran, yang secara alami mengendalikan pertumbuhan hutan dan memungkinkan rumput yang lebih cepat pulih setelah kebakaran untuk mendominasi area tersebut.

15. Lapisan atmosfer yang memiliki massa terbesar adalah ...
a. termosfer
b. mesosfer
c. troposfer
d. stratosfer
e. ionosfer

Kunci
Jawaban yang tepat adalah c. troposfer.

Troposfer adalah lapisan atmosfer yang paling dekat dengan permukaan Bumi dan memiliki massa terbesar. Ini karena sekitar 75% dari seluruh massa atmosfer berada di troposfer, yang mencakup uap air, gas-gas, serta partikel debu. Lapisan ini juga merupakan tempat terjadinya sebagian besar fenomena cuaca.

1

@agnassetiawan Amunisi pejuang PPPK 2024 sudah tersedia. Cek keranjang kuning, sebelum stok habis. Segera siapkan diri dari sekarang jika ingin juara. #pppk2024 #pppkteknis #pppk #pejuangpppk #jadiasn2024 ♬ suara asli - Agnas88

Yuk Sebarkan Artikel Ini

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close