Pembahasan Soal KSM Geografi Terintegrasi 2023 No 11-20 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, Juni 6

Pembahasan Soal KSM Geografi Terintegrasi 2023 No 11-20

Lanjut lagi adik-adik kita bahas sola geografi KSM Terintegrasi tahun 2023 mapel geografi untuk menemani kalian belajar.

Jangan menyerah, mulailah membuka buku kalian dan baca materi geografi dengan baik. Fokus mencapai tujuan di depan.

11. Perhatikan aktivitas pelestarian di bidang pertanian berikut!

Dampak negatif yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut adalah ....
a. gentrifikasi
b. eutrofikasi
c. toksifikasi
d. oligostrifikasi

12. Perhatikan gambar di bawah mengenai termoklin.

Kunci
Ini kan maksudnya ada batas-batas perubahan suhu sesuai kedalaman laut, semakin dalam maka suhu lautan makin turun drastis. Nampaknya lebih ke opsi B, coba cari lagi kalau saya salah.

13. Perubahan arah arus laut dari pengaruh angin ke pengaruh gaya coriolis dapat menyebabkan fenomena hilangnya energi (kecepatan aliran) seiring bertambahnya kedalaman air laut, meyebabkan perubahan arah arus laut dalam kolom air laut. Hal tersebut menjelaskan suatu fenomena yang disebut dengan ....
a. storm surge
b. seiche wave
c. Ekman's spiral
d. longshore drift

Kunci
Ekman's spiral adalah fenomena dalam dinamika laut di mana efek gabungan dari angin permukaan dan gaya Coriolis menyebabkan perubahan arah dan kecepatan arus laut seiring dengan bertambahnya kedalaman. Pada lapisan permukaan air laut, angin memberikan gaya yang menggerakkan air, namun akibat gaya Coriolis, arah gerak air ini akan berbelok. Pada kedalaman yang lebih dalam, kecepatan aliran menurun dan arah arus semakin berbelok, membentuk pola spiral yang dikenal sebagai Ekman's spiral.

14. Perhatikan gambar di bawah ini dengan seksama yang menggambarkan lempeng tektonik di Samudera Atlantik bagian Selatan!

Kunci
Kamu harus bisa membaca simbol batas peta lempeng di soal. Jawabannya A. Jadi ada satu zona subduksi yang di kiri-kananya ada batas divergen. Fenomena ini terjadi pada lempeng Scotia, Amerika Utara dan Antartika. Pertemuan ketiga lempeng menghasilkan fenomena sandwich plate alias lempeng tumpang tindih.

15.  Perhatikan gambar penampang melintang di bawah ini yang menunjukkan arah pergerakan dari lempeng samudera dan pergerakan dari hot spot yang menghasilkan formasi gunung api A, B, C, serta D!

Berdasarkan informasi tersebut, maka umur geologis dari gunung api B dan D adalah …
(A) gunung api B memiliki umur geologi sekitar 5 juta tahun, sedangkan gunung api D sekitar 12 juta tahun
(B) gunung api B memiliki umur geologi sekitar 2 juta tahun, sedangkan gunung api D sekitar 6 juta tahun
(C) gunung api B memiliki umur geologi sekitar 9 juta tahun, sedangkan gunung api D sekitar 9 juta tahun
(D) gunung api B memiliki umur geologi sekitar 10 juta tahun, sedangkan gunung api D sekitar 4 juta tahun


Kunci
Ini fenomena hot spot volcano dimana titik panas magma keluar dari dalam bumi lalu lempeng tektonik bergerak di atasnya. Disini terlihat lempeng bergerak ke kanan, jadi gunung api paling kanan itu yang paling tua umurnya, semakin ke kiri semakin muda. Jadi jawabannya yang A. 

16. Perhatikan blok pergerakan lempeng berikut ini!.

Pernyataan yang tepat sesuai dengan gambar di atas adalah ….
(A) pergerakan sesar sinistral di tepian lempeng Nazca dan lempeng Amerika Selatan
(B) pergerakan sesar dekstral di tepian lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia
(C) pergerakan sesar dekstral di tepian lempeng Pasifik dan lempeng Amerika Utara
(D) pergerakan lempeng sinistral di tepian lempeng Amerika Utara dan lempeng Eurasia


Kunci
Gambar menunjukkan sesar geser dimana pergeseran relatif ke kanan dari mata pengamat. Kalau sesar sinistrial pergeseran relatif ke kiri dari pengamat. Jadi jawabannya yang C, seperti gambar Sesan Andreas di bawah.

17. Tipe pergerakan sesar yang sesuai dengan pergerakan sesar yang terjadi di Pegunungan Bukit Barisan, Pulau Sumatera adalah ….


Kunci
Patahan Semangko adalah bentukan geologi yang membentang di Pulau Sumatera dari utara ke selatan , dimulai dari Aceh hingga teluk Semangka di Lmpung. Patahan inilah yang membentuk Pegunungan Barisan, suatu rangkaian dataran tinggi di sisi barat pulau Sumatera.Paling mudah terlihat di daerah Ngarai Sianok dan Lembah Anai di dekat Kota Bukittinggi. Patahan ini merupakan patahan geser atau patahan mendatar, sesar mendatarnya termasuk sesar mendatar Right/Dextral Slip Fault, pergeserannya besar sekitar 25-30 km. Tatanan Stratigrafinya saling menindih dan tidak sama, mempunyai struktur penyerta berupa kekar, tegasan-tegasan rekahan setempat dan lipatan.

18. Perhatikan kenampakan pola aliran sungai di bawah ini!

Kunci
Gambar menunjukkan pola aliran sungai trelis yang berkembang pada daerah lipatan, jadi jawabnnya yang D.

19. Perhatikan gambar sebuah bentukan alam yang dihasilkan oleh tenaga sungai berikut ini!
Grafik yang merepresentasikan hubungan antara jarak pengendapan dengan ukuran rata-rata sedimen yang diendapkan ke laut sesuai dengan gambar di atas adalah ....

Kunci
Ini kalian harus mencoba membuat kaitan antara gambar dengan grafik. Itu kan delta sungai makin besar sedimentasinya ke arah lautan. Artinya semakin banyak angkutan sedimen maka jarak delta menuju laut semakin besar, jadi grafik C yang sesuai.

20.  Perhatikan penggalan ayat Al-Qur’an di bawah ini dengan seksama!
Fenomena geografi yang sesuai berdasarkan ayat tersebut adalah ….
(A) drainage pattern
(B) fertile crescent
(C) domestification
(D) land use changing

Kunci
Ayat di atas itu QS. Al Kahfi ayat 33, artinya Kedua buah kebun itu menghasilkan buahnya, dan kebun itu tiada kurang buahnya sedikitpun, dan Kami alirkan sungai di celah-celah kedua kebun itu. Maka lebih ke fenomena peradaban Mesopotamia (Fertile Crescent) yang berad di antara Sungai Tigris dan Eufrat. Salah satu peradaban maju di masanya dengan komoditas pertanian yang sangat melimpah.

Lanjut: Soal No 21-25Soal No 21-25

Yuk Sebarkan Artikel Ini

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close