Salam semuanya para pejuang PPG se tanah air Indonesia, kali ini lanjut lagi kita bahas tentang kunci jawaban tes formatif pedagogik kegiatan belajar 2 ya.
Pada KB 2 ini materi yang dibahas adalah tentang karakteristik peserta didik. Penting untuk setiap guru memahami tentang karakteristik siswanya sebelum masuk kelas.
Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan belajar akan sangat bergantung pada karakteristik peserta didik atau siswa itu sendiri. Pastikan bapak ibu menguasai tentang konsep tersebut.
Kunci formatif topik karakteristik peserta didik |
1. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memeprhatikan karakteristik peserta didik dalam aspek ....
a. etnik
b. status sosial
c. moral
d. minat
e. motivasi
2. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama ....
a. gender
b. kultural
c. etnik
d. minat
e. status sosial
3. Pak Agnas ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu dengan tujuan mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki siswa sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti pak Agnas memperhatikan karakteristik siswa dalam hal ....
a. motivasi belajar
b. perkembangan motorik
c. perkembangan emosi
d. perkembangan sosial
e. kemampuan awal
4. Pak Adit guru SMP X ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi siswa yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya pejabat, ada yang sebagai buruh dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada semua siswa. Hal ini sebenarnya pak Adit memperhatikan karakteristik siswa terutama ...
a. kultural
b. motivasi
c. minat
d. etnik
e. status sosial
5. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori dan kinetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu ....
a. menggunakan program audio dan modul
b. menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab
c. menggunakan media audio, video dan percobaan
d. menggunakan modul dan power point
e. menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket
6. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak, peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya. Maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan ....
a. menendang bola
b. memasang puzzle
c. menjiplak huruf
d. mewarnai pola
e. meronce membuat kalung
7. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek ....
a. sosial
b. kultural
c. status sosial
d. motivasi
e. etnik
8. Perkembangan kognitif peserta didik sekolah dasar berada pada taraf operasional konkrit sehingga mereka kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan ....
a. media cetak
b. media grafis
c. media benda nyata
d. media poster
e. media gambar
9. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memerhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan ....
a. etnik peserta didik
b. gender peserta didik
c. kultural peserta didik
d. gaya belajar peserta didik
e. minat peserta didik
10. Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation yaitu tahap dimana anak menilai baik dan buruk menurut ...
a. akibat perbuatan
b. persetujuan orang lain
c. kontrak/imbal jasa
d. ketertiban sosial
e. hati nurani
Kunci jawaban
1. kata kuncinya ada pada mengenakan busana sesuai daerah masing-masing, berarti ini termasuk memperhatikan ragam etnik setiap anak.
2. kata kuncinya meminta memilih lagu sesuai daerah masing-masing maka masuk karakteristik kultural/budaya.
3. melakukan pre tes atau tes awal artinya untuk mengukur pengetahuan awal atau siswa, yang nanti akan dicek perubahan pemahamannya di post tes.
4. melihat latar belakang profesi keluarga berarti masuk karakteristik status sosial peserta didik.
5. jika banyak tipe kecerdasan maka guru harus menggunakan media audio, video dan percobaan, bisa bergantian menggunakannya.
6. Motorik kasar adalah gerakan yang dilakukan anak melibatkan kelompok otot-otot besar, seperti lengan, kaki, betis, atau seluruh tubuh anak. Jadi, gerakan motorik kasar anak meliputi merangkak, berlari, melompat, melempar, dan menangkap bola.
7. kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar berarti harus dimotivasi di awal pembelajaran.
8. taraf operasional konkrit berarti memerlukan benda nyata (konkrit).
9. menggunakan berbagai macam media ini agar bisa menyesuaikan dengan minta peserta didik.
10. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, menurut kohlberg, tahap naively egoistic orientation dalam perkembangan moral peserta didik yaitu tahap dimana anak menilai baik buruk berdasarkan kontrak imbal/ jasa.