Halo para pejuang PPPK Guru Geografi se nusantara Indonesia, gimana nih kabarnya?. Masih deg-degan nunggu jadwal ujian ya!.
Nah supaya gak terlalu deg-degan, gimana kalau kita latihan soal dulu ya teman-teman. Jangan sampai nyesel ntar blank pas ngerjain soal PPPK. Jangan lupa like dan share blog ini!
Soal latihan ini kombinasi pedagogik dan profesional ya bapak ibu!. Tetap semangat dan berjuang untuk lolos PPPK tahun ini. Kunci jawaban tersedia setelah soal.
Ingat jangan terlalu percaya kunci jawaban yang saya buat, silahkan diskusi lebih lanjut karena saya juga belu tentu benar 100%.
A. Latihan Soal PPPK Guru Geografi Part 1
1. Untuk menilai peserta didik dalam memahami paragraf, guru meminta peserta didik menuliskan kembali dengan menggunakan kalimatnya sendiri. Teknik penilaian yang tepat digunakan adalah ...
a. observasi
b. tes lisan
c. tes tertulis
d. penilaian produk
e. penilaian praktik
Kunci
Kalau guru meminta siswanya menuliskan kembali maka itu termasuk tes tertulis. Guru akan menilai hasil tulisan siswa tersebut apakah sudah sesuai dengan konteks paragraf atau belum. Disini guru dapat menilai daya literasi siswa ketika menuangkannya dalam sebuah tulisan.
2. Pemanfaatan laut di zona litoral adalah ...
a. jalur transportasi laut
b. menangkap ikan
c. pariwisata
d. pelabuhan perahu
e. pembuangan limbah
Kunci
Zona litoral itu kan zona batas pasang surut laut pastinya digunakan untuk kapal berlabuh. Ingat zonasi laut menurut kedalaman: litoral, neritik, batial, abisal, hadal.
3. Pernyataan:
1. memberi gambaran yang tepat tentang kekuatan dan kelemahan
2. kelebihan dan kekurangan peserta didik
3. mengetahui potensi yang perlu ditingkatkan
4. tingkat pengetahuan
5. kelemahan yang perlu diminimalisir
6. kondisi sosial peserta didik
Berdasarkan pernyataan diatas, guru dapat memahami potensi peserta didik dengan cara yang ditunjukkan pada nomor ....
a. 1, 2, 3, 5
b. 1, 2, 4, 5
c. 3, 4, 5, 6
d. 2, 3, 4, 5
e. 1, 2, 3, 4
Kunci
Potensi peserta didik dapat dilihat saat tes psikologi atau saat wawancara awal saat masuk sekolah. Indikator yang tepat sesuai pernyataan tentang potensi siswa ada pada angka 1,2,3 dan 5.
4. Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah ....
a. membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh dimiliki sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan
b. mengidentifikasi peserta didik baik yang sudah maupun yang belum siap untuk mengikuti pembelajaran dengan proses berpikir tingkat tinggi
c. mengubah perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik yang heterogen
d. tetap melakukan kegiatan pembelajaran dengan mengutamakan keterampilan berpikir tingkat tinggi
e. membentuk kelompok-kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan heterogen
Kunci
Kemampuan berpikir tingkat tinggi alias HOTS saat ini diwajibkan di seluruh mapel untuk meningkatkan kemampuan siswa Indonesia. Jika ada siswa yang belum siap untuk berpikir tingkat tinggi maka guru harus menyesuaikan dengan merubah rencana pembelajaran. Ingat daya dukung siswa tiap daerah berbeda-beda, maka guru harus pandai mengolah strategi pembelajaran.
5. Manakah indikator yang sesuai dengan soal di bawah ini!
a. Disajikan diagram, peserta didik dapat menentukan perbandingan peserta didik yang gemar berolahraga di sekolahb. Disajikan gambar, peserta didik, dapat menentukan macam-macam kegemaran peserta didik di sekolah
c. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan jumlah peserta didik yang gemar sepeda dan tenis di sekolah
d. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan mayoritas kegemaran peserta didik di sekolah
e. Disajikan diagram, peserta didik dapat menentukan jumlah peserta didik yang gemar bersepeda di sekolah.
Kunci
Dalam diagram terlihat beberapa kegiatan olahraga dan soal meminta siswa yang gemar bersepeda, jadi indikator yang tepat adalah yang e.
Lanjut: Soal PPPK Part 2 (progress)