Membuat penelitian tindakan kelas atau classroom research adalah salah satu kewajiban seorang guru. Mengapa harus PTK?.
Sejarah awal mula PTK adalah untuk mencari solusi terhadap masalah sosial yang berkembang di masyarakat.
Namun pada akhirnya PTK dimasukan ke dalam dunia pendidikan sebagai penelitian terapan dengan maksud meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas.
Jadi guru saat ini adalah pengajar sekaligus peneliti juga. PTK akan mengangkat masalah-masalah aktual dan faktual yang dihadapi guru di lapangan.
PTK memiliki karakter agak berbeda jika dibandingkan dengan penelitian pada umumnya. PTK lebih mengarah pada jenis penelitian kualitatif dan eksperimen.
Dikatakan kualitatif karena pada saat data dianalisa menggunakan pendekatan kualitatif bukan hitungan statistik.
Dikatakan eksperimen karena PTK diawali dengan perencanaan dan adanya perlakuan terhadap subjek penelitian dan adanya evaluasi terhadap hasil yang dicapai sesudah adanya perlakuan.
Dilihat dari karakteristiknya, PTK setidaknya memiliki karakteristik antara lain:
(1) didasarkan pada masalah yang dihadapi guru dalam instruksional;
(2) adanya kolaborasi dalam pelaksanaannya;
(3) penelitian sekaligus sebagai praktisi yang melakukan refleksi;
(4) bertujuan memperbaiki dan atau meningkatkan kualitas praktek instruksional;
(5) dilaksanakan dalam rangkaian langkah dengan beberapa siklus.
Jadi sederhananya, PTK adalah cara guru menyelesaikan permasalahan dalam kegiatan belajar bersama siswanya.
Saat ini banyak sekali guru yang mengeluh tentang pembuatan PTK, apalagi guru PNS yang seharusnya udah dibayar gede sampai pensiun pula.
PTK tidak perlu terlalu rumit, setiap hari kita bercengkerama dengan siswa dan pastinya tahu apa kejadian, permasalahan yang sering kita jumpai.
Membuat PTK selain sebagai syarat kenaikan pangkat juga sebagai sarana ibadah memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas.
Berikut ini contoh proposal PTK yang pernah saya buat saat kegiatan sertifikasi guru dalam jabatan.
Sejarah awal mula PTK adalah untuk mencari solusi terhadap masalah sosial yang berkembang di masyarakat.
Namun pada akhirnya PTK dimasukan ke dalam dunia pendidikan sebagai penelitian terapan dengan maksud meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas.
Jadi guru saat ini adalah pengajar sekaligus peneliti juga. PTK akan mengangkat masalah-masalah aktual dan faktual yang dihadapi guru di lapangan.
PTK memiliki karakter agak berbeda jika dibandingkan dengan penelitian pada umumnya. PTK lebih mengarah pada jenis penelitian kualitatif dan eksperimen.
Dikatakan kualitatif karena pada saat data dianalisa menggunakan pendekatan kualitatif bukan hitungan statistik.
Proposal PTK Geografi |
Dilihat dari karakteristiknya, PTK setidaknya memiliki karakteristik antara lain:
(1) didasarkan pada masalah yang dihadapi guru dalam instruksional;
(2) adanya kolaborasi dalam pelaksanaannya;
(3) penelitian sekaligus sebagai praktisi yang melakukan refleksi;
(4) bertujuan memperbaiki dan atau meningkatkan kualitas praktek instruksional;
(5) dilaksanakan dalam rangkaian langkah dengan beberapa siklus.
Jadi sederhananya, PTK adalah cara guru menyelesaikan permasalahan dalam kegiatan belajar bersama siswanya.
Saat ini banyak sekali guru yang mengeluh tentang pembuatan PTK, apalagi guru PNS yang seharusnya udah dibayar gede sampai pensiun pula.
PTK tidak perlu terlalu rumit, setiap hari kita bercengkerama dengan siswa dan pastinya tahu apa kejadian, permasalahan yang sering kita jumpai.
Membuat PTK selain sebagai syarat kenaikan pangkat juga sebagai sarana ibadah memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas.
Berikut ini contoh proposal PTK yang pernah saya buat saat kegiatan sertifikasi guru dalam jabatan.