Oke gan lanjut lagi kita bahas soal osk geografi 2019 ya nomor 55-60. Materinya seputar perencanaan ekonomi dan perencanaan wilayah.
Jangan lupa like dan share blognya ke teman-teman lainya. Cek juga versi videonya di channel guru geografi youtube.
Baca juga: Soal Simulasi KSN + Kunci
56. Pola perkotaan pada umumnya mengikuti salah satu dari model-model berikut ini, kecuali …
a. Sektoral
b. Konsentrik
c. Inti Berganda
d. Green Belt
e. Rural Model
Pembahasan:
Soal diatas meminta kita ntuk memahami teori-teori keruangan kota seperti Sektoral Hoyt, Konsentrik Burgess, Inti Ganda Ulman dan Green belt. Green belt model adalah suatu desain zonasi kota dengan membuat area hijau disekeliling inti kota. Jadi yang buka pola kota adalah rural model karena rural itu artinya desa, udah pasti salah ya bro.
Konsep green belt city |
a. Perumusan Tujuan – Pengumpulan Data dan Informasi – Analisis – Alternatif Rencana –
Rencana Terpilih
b. Survei – Analisis – Perumusan Tujuan – Rencana – Alternatif Rencana
c. Analisis – Survei – Rencana – Alternatif Rencana
d. Rencana Terpilih – Pengumpulan Data dan Informasi – Survei – Analisis – Simpulan
e. Alternatif Rencana – Analisis – Pengumpulan data – Perumusan Tujuan
Pembahasan:
Dalam merencanakan sesuatu pasti harus teratur dan dimulai dari perumusan tujuan dulu, setelah itu data dikumpulkan untuk dianalisa sehingga keluar alternatif rencana yang bermacam-macam. Kemudian di akhir dipilih mana masterplan kota yang terbaik.
58. Geografi ekonomi merupakan salah satu cabang dari Geografi Manusia. Pengertian Geografi Ekonomi adalah …
a. Teori gabungan geografi dan ekonomi.
b. Penerapan teori geografi pada kasus-kasus ekonomi.
c. Teori geografi untuk ekonomi.
d. Kasus perekonomian di lokasi geografi.
e. Penerapan teori dasar ekonomi pada ruang geografi.
Pembahasan:
Ingat dalam geografi pasti berbicara ruang, maka geografi ekonomi dalah integrasi konsep dasar ekonomi dalam tatanan ruang. Contoh teori geografi ekonomi adalah teori Weber, Central Place hingga Losch.
59. Aktivitas ekonomi kreatif pada ruang geografi yang dikembangkan akhir-akhir ini seperti contohnya adalah konsep ...
a. One Village One Product
b. All Village All Product
c. Product Development Creatively
d. Product and Marketing
e. Small and Medium Enterprises
Pembahasan:
Ini tinggal translate ke bahasa Indonesia, one village one product artinya satu desa satu produk kreatif. Jadi ini konsep ekonomi pada ruang geografi dimana satu desa harus punya satu produk ekonomi andalan.
60. Globalisasi merupakan proses interaksi antarnegara pada berbagai kegiatan termasuk kegiatan ekonomi terjadi akibat berkembangnya teknologi yang pesat terutama teknologi komunikasi dan transportasi. Perwujudan dalam pelaku ekonomi …
a. Multinational Corporation (MNC)
b. Local Corporation District
c. Central Business District (CBD)
d. Naamloze Vennootschap (NV)
e. Partnership 21 Century
Pembahasan:
MNC ( Multinational Corporation ) adalah Merupakan perusahaan dengan pendekatan etnosentris karena menjalankan operasional di banyak negara tetapi pembuatan keputusan utama dilakukan di perusahaan di negara asal. Lanjut>>>Soal 61-65
Link Pembahasan Soal OSK Geografi
Kunci jawaban OSK No 51-55
Kunci jawaban OSK No 46-50