Halo teman-teman pejuang PPG setanah air, kita sudah berada di penghujung formatif daring pedagogi nih.
Modul 6 KB 4 berisi tentang tata cara penelaahan hasil belajar peserta didik. Telaah atau analisis soal dilakukan untuk mengetahui berfungsi tidaknya sebuah soal.
Analisis pada umumnya dilakukan melalui dua cara, yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Analisis kualitatif atau validitas teoritis yang dilakukan sebelum soal digunakan untuk melihat berfungsi atau tidak berfungsinya sebuah soal.
Analisis soal secara kuantitatif atau validitas empiris yang dilakukan untuk melihat berfungsi tidaknya sebuah soal, berdasarkan hasil ujicoba dari sampel yang representatif.
1. Salah satu model evaluasi yang banyak digunakan dalam pelaksanaan program pendidikan adalah model Context Input Process Product (CIPP). Untuk mengevaluasi aspek input pada pelaksanaan program PPG dalam jabatan salah satu aspek yang perlu dievaluasi adalah
Kualitas fasilitas pembelajaran
2. Evaluasi program pendidikan dimaksudkan untuk mengetahui tingkat efektifitas dan efisiensi pelaksanaan program pendidikan. Evaluasi program pendidikan dapat dilakukan secara mikro yaitu adalah evaluasi yang difokuskan pada
Kegiatan pembelajaran di kelas
3. Jika butir soal memiliki tingkat kesukaran 001 berarti
Butir soal terlalu sulit
4. Analisis kualitas soal tes pilihan ganda pada aspek materi antara lain
Soal harus sesuai dengan indikator
5. Penilaian otentik dapat digunakan untuk mengukur aspek sikap peserta didik. Penilaian kemampuan peserta didik untuk memiliki sistem nilai yang telah mengontrol tingkah lakunya dalam waktu yang cukup lama dan menjadi suatu filosofi hidup yang mapan adalah penilaian pada aspek
Menghayati
6. Contoh bentuk penilaian yang terkait dengan assessment as learning dalam pembelajaran adalah
Penilaian diri
7. Dalam penulisan soal tes, perumusan tujuan tes harus memperhatikan
Kompetensi dasar sesuai kurikulum yang berlaku
8. Berikut yang merupakan contoh pemanfaatan hasil penilaian oleh guru adalah
Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah
9. Salah satu bentuk penilaian otentik adalah portofolio. Untuk melakukan penilaian portofolio secara tepat perlu memperhatikan beberapa hal salah satunya adalah
Kerahasiaan bersama antara pendidik dan peserta didik
10. Dalam lingkup pengujian hasil belajar yang luas penggunaan tes objektif lebih menguntungkan daripada tes bentuk uraian. Salah satu keuntungan atau kelebihan tersebut adalah
Tingkat validitas soal tinggi
Lanjut>>>>>>Sumatif Akhir M6
Modul 6 KB 4 berisi tentang tata cara penelaahan hasil belajar peserta didik. Telaah atau analisis soal dilakukan untuk mengetahui berfungsi tidaknya sebuah soal.
Analisis pada umumnya dilakukan melalui dua cara, yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Analisis kualitatif atau validitas teoritis yang dilakukan sebelum soal digunakan untuk melihat berfungsi atau tidak berfungsinya sebuah soal.
Analisis soal secara kuantitatif atau validitas empiris yang dilakukan untuk melihat berfungsi tidaknya sebuah soal, berdasarkan hasil ujicoba dari sampel yang representatif.
Formatif M6 KB4 |
1. Salah satu model evaluasi yang banyak digunakan dalam pelaksanaan program pendidikan adalah model Context Input Process Product (CIPP). Untuk mengevaluasi aspek input pada pelaksanaan program PPG dalam jabatan salah satu aspek yang perlu dievaluasi adalah
Kualitas fasilitas pembelajaran
2. Evaluasi program pendidikan dimaksudkan untuk mengetahui tingkat efektifitas dan efisiensi pelaksanaan program pendidikan. Evaluasi program pendidikan dapat dilakukan secara mikro yaitu adalah evaluasi yang difokuskan pada
Kegiatan pembelajaran di kelas
3. Jika butir soal memiliki tingkat kesukaran 001 berarti
Butir soal terlalu sulit
4. Analisis kualitas soal tes pilihan ganda pada aspek materi antara lain
Soal harus sesuai dengan indikator
5. Penilaian otentik dapat digunakan untuk mengukur aspek sikap peserta didik. Penilaian kemampuan peserta didik untuk memiliki sistem nilai yang telah mengontrol tingkah lakunya dalam waktu yang cukup lama dan menjadi suatu filosofi hidup yang mapan adalah penilaian pada aspek
Menghayati
6. Contoh bentuk penilaian yang terkait dengan assessment as learning dalam pembelajaran adalah
Penilaian diri
7. Dalam penulisan soal tes, perumusan tujuan tes harus memperhatikan
Kompetensi dasar sesuai kurikulum yang berlaku
8. Berikut yang merupakan contoh pemanfaatan hasil penilaian oleh guru adalah
Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah
9. Salah satu bentuk penilaian otentik adalah portofolio. Untuk melakukan penilaian portofolio secara tepat perlu memperhatikan beberapa hal salah satunya adalah
Kerahasiaan bersama antara pendidik dan peserta didik
10. Dalam lingkup pengujian hasil belajar yang luas penggunaan tes objektif lebih menguntungkan daripada tes bentuk uraian. Salah satu keuntungan atau kelebihan tersebut adalah
Tingkat validitas soal tinggi
Lanjut>>>>>>Sumatif Akhir M6