Halo teman-teman guru seperjuangan, kali ini saya akan coba lagi berikan contoh kunci formatif M6 KB3.
Materi modul 6 kb 3 adalah tentang menulis tes hasil belajar. Tes merupakan suatu bentuk alat evaluasi untuk mengukur seberapa jauh tujuan pengajaran telah tercapai, jadi berarti evaluasi terhadap hasilbelajar.
Tes yang baik harus memenuhui beberapa persyaratan, yaitu; harusefisien, harus baku, mempunyai norma, objektif, valid (sahih), dan reliabel (andal).
Untuk memperoleh tes yang memenuhi persyaratan tersebut makates yang telah dibuat perlu dianalisis.
Jangan lupa untuk buka modul dan baca materinya supaya dapat ilmunya. Ingat untuk selalu berdoa dan sedekah agar berkah hasilnya.
1. Berikut merupakan langkah-langkah dalam penulisan soal tes
a) perumusan tujuan tes
b) penyusunan kisi-kisi tes
c) uji coba/analisis
d) penentuan bentuk pelaksanaan tes
e) penelaahan butir soal
g) perakitan soal/perangkat tes
Langkah-langkah secara runtut dalam penulisan soal tes yang benar adalah
a), e), c), b), f), d), g)
2. Perumusan tujuan tes dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal, kecuali
Kompetensi guru penyusun soal
3. Rumusan soal atau pertanyaan yang menuntut sehimpunan jawaban dengan konsep tertentu, dan dapat diidentifikasi kata-kata kunci jawabannya, adalah soal tes bentuk..
Uraian objektif
4. Analisis kualitas perangkat soal tes hasil belajar secara teoritis adalah telaah soal yang difokuskan pada aspek..
Materi, konstruksi, dan bahasa
5. Guru dalam menentukan bentuk tes harus mempertimbangkan beberapa hal, kecuali..
Kebiasaan bentuk tes selama ini
6. Analisis kualitas soal tes pilihan ganda secara teoritis pada aspek materi antara lain
Soal harus sesuai dengan indikator
7. Parameter kualitatif berkaitan dengan analisis butir soal berdasarkan atas..
Pertimbangan ahli (expert judgement)
8. Berikut merupakan salah satu parameter kuantitatif berkaitan dengan analisis butir Soal..
Tingkat kesulitan soal
9. Untuk lebih memahami makna reliabilitas dapat didekati dengan memperhatikan tiga aspek yang terkait dengan alat ukur, yaitu..
Kemantapan, ketepatan, homogenitas
10. Daya butir soal adalah indeks yang menggambarkan tingkat kemampuan butir soal untuk..
Membedakan kelompok yang pandai dan kelompok kurang pandai
Lanjut>>>>>Formatif M6 KB4
Materi modul 6 kb 3 adalah tentang menulis tes hasil belajar. Tes merupakan suatu bentuk alat evaluasi untuk mengukur seberapa jauh tujuan pengajaran telah tercapai, jadi berarti evaluasi terhadap hasilbelajar.
Tes yang baik harus memenuhui beberapa persyaratan, yaitu; harusefisien, harus baku, mempunyai norma, objektif, valid (sahih), dan reliabel (andal).
Untuk memperoleh tes yang memenuhi persyaratan tersebut makates yang telah dibuat perlu dianalisis.
Jangan lupa untuk buka modul dan baca materinya supaya dapat ilmunya. Ingat untuk selalu berdoa dan sedekah agar berkah hasilnya.
Formatif Modul 6 KB 3 |
a) perumusan tujuan tes
b) penyusunan kisi-kisi tes
c) uji coba/analisis
d) penentuan bentuk pelaksanaan tes
e) penelaahan butir soal
g) perakitan soal/perangkat tes
Langkah-langkah secara runtut dalam penulisan soal tes yang benar adalah
a), e), c), b), f), d), g)
2. Perumusan tujuan tes dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal, kecuali
Kompetensi guru penyusun soal
3. Rumusan soal atau pertanyaan yang menuntut sehimpunan jawaban dengan konsep tertentu, dan dapat diidentifikasi kata-kata kunci jawabannya, adalah soal tes bentuk..
Uraian objektif
4. Analisis kualitas perangkat soal tes hasil belajar secara teoritis adalah telaah soal yang difokuskan pada aspek..
Materi, konstruksi, dan bahasa
5. Guru dalam menentukan bentuk tes harus mempertimbangkan beberapa hal, kecuali..
Kebiasaan bentuk tes selama ini
6. Analisis kualitas soal tes pilihan ganda secara teoritis pada aspek materi antara lain
Soal harus sesuai dengan indikator
7. Parameter kualitatif berkaitan dengan analisis butir soal berdasarkan atas..
Pertimbangan ahli (expert judgement)
8. Berikut merupakan salah satu parameter kuantitatif berkaitan dengan analisis butir Soal..
Tingkat kesulitan soal
9. Untuk lebih memahami makna reliabilitas dapat didekati dengan memperhatikan tiga aspek yang terkait dengan alat ukur, yaitu..
Kemantapan, ketepatan, homogenitas
10. Daya butir soal adalah indeks yang menggambarkan tingkat kemampuan butir soal untuk..
Membedakan kelompok yang pandai dan kelompok kurang pandai
Lanjut>>>>>Formatif M6 KB4