Halo teman-teman se perjuangan lanjut lagi ya kita akan bahas soal formatif m5 kb1. Materi modul ini terkait dengan model-model pembelajaran.
Seorang guru itu wajib mengetahui model-model pembelajaran terbaik untuk anak didiknya. Ingat ya untuk cek modul kembali, jangan cuma buka kunci saja supaya dapat ilmunya.
Pemilihan model belajar ini harus disesuaikan dengan beberapa aspek mulai dari kedalaman materi, kondisi siswa dan karakteristik siswa.
Model-model pembelajar abad 21 adalah model pembelajaran aktif berbasis masalah dan kontekstual.
1. Pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Laerning (PBL) merupakan model pembelajaran yang dilandasi teori konstruktivisme yang mengakomodasi keterlibatan siswa dalam belajar dan pemecahan masalah otentik. Karakteristik masalah yang digunakan pada model PBL adalah
otentik dan bermakna
2. Proses penilaian pada model project based cooperative learning dilakukan oleh
guru dan siswa
3. Ada banyak model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik, satu diantaranya adalah model pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Pembelajaran kooperatif adalah
strategi pembelajaran yang terstruktur secara sistematis dimana siswa bekerjasama dalam kelompok-kelompok kecil
4. Ketika akan menggunakan suatu model pembelajaran guru perlu mempertimbangkan hasil belajar apa yang dapat dicapai oleh siswa sebagai akibat dari model pembelajaran yang digunakan tersebut. Hal ini berarti bahwa guru tersebut telah memahami karakteristik model pembelajaran aspek
dampak instruksional dan pengiring
5. Pelaksanaanmodel simulasi pada dasarnya digunakan untuk mengembangkan pemahaman terhadap suatu peristiwa yang mengarah kepada keterampilan psikomotorik agar kegiatan lebih bermakna bagi siswa. Dalam model pembelajaran simulasi, peran yang tidak dimainkan oleh guru adalah
mendemonstrasikan
6. Salah satu dampak pengiring dari penggunaan model pembelajaran simulasi adalah
kepercayaan diri sebagai siswa meningkat
7. Langkah-langkah umum model pembelajaran kooperatif secara utuh adalah
Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
8. Model pembelajaran project based cooperative learning merupakan model pembelajaran yang dipandang menarik karena memiliki format instruksional yang inovatif dimana peserta didik dapat memilih berbagai aspek tugas. Model project based cooperative learning merupakan model gabungan yang dilaksanakan melalui pengembangan penerapan
projek
9. Peran guru dalam pembelajaran dengan model problem based learning adalah sebagai
pembimbing
10. Karakteristik yang paling menonjol yang dimiliki oleh suatu model pembelajaran dibanding pendekatan pembelajaran adalah bahwa model pembelajaran itu
memiliki sintak atau tahapan pembelajaran
Lanjut>>>>>>kunci M5 KB2
Seorang guru itu wajib mengetahui model-model pembelajaran terbaik untuk anak didiknya. Ingat ya untuk cek modul kembali, jangan cuma buka kunci saja supaya dapat ilmunya.
Pemilihan model belajar ini harus disesuaikan dengan beberapa aspek mulai dari kedalaman materi, kondisi siswa dan karakteristik siswa.
Model-model pembelajar abad 21 adalah model pembelajaran aktif berbasis masalah dan kontekstual.
Formatif M5 KB1 |
otentik dan bermakna
2. Proses penilaian pada model project based cooperative learning dilakukan oleh
guru dan siswa
3. Ada banyak model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik, satu diantaranya adalah model pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Pembelajaran kooperatif adalah
strategi pembelajaran yang terstruktur secara sistematis dimana siswa bekerjasama dalam kelompok-kelompok kecil
4. Ketika akan menggunakan suatu model pembelajaran guru perlu mempertimbangkan hasil belajar apa yang dapat dicapai oleh siswa sebagai akibat dari model pembelajaran yang digunakan tersebut. Hal ini berarti bahwa guru tersebut telah memahami karakteristik model pembelajaran aspek
dampak instruksional dan pengiring
5. Pelaksanaanmodel simulasi pada dasarnya digunakan untuk mengembangkan pemahaman terhadap suatu peristiwa yang mengarah kepada keterampilan psikomotorik agar kegiatan lebih bermakna bagi siswa. Dalam model pembelajaran simulasi, peran yang tidak dimainkan oleh guru adalah
mendemonstrasikan
6. Salah satu dampak pengiring dari penggunaan model pembelajaran simulasi adalah
kepercayaan diri sebagai siswa meningkat
7. Langkah-langkah umum model pembelajaran kooperatif secara utuh adalah
Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
8. Model pembelajaran project based cooperative learning merupakan model pembelajaran yang dipandang menarik karena memiliki format instruksional yang inovatif dimana peserta didik dapat memilih berbagai aspek tugas. Model project based cooperative learning merupakan model gabungan yang dilaksanakan melalui pengembangan penerapan
projek
9. Peran guru dalam pembelajaran dengan model problem based learning adalah sebagai
pembimbing
10. Karakteristik yang paling menonjol yang dimiliki oleh suatu model pembelajaran dibanding pendekatan pembelajaran adalah bahwa model pembelajaran itu
memiliki sintak atau tahapan pembelajaran
Lanjut>>>>>>kunci M5 KB2