Selamat siang teman-teman sekalian para pejuang PPG, kali ini lanjut lagi saya akan coba bahas formatif m4 kb1.
Materinya seputar karakteristik peserta didik ya teman-teman. Jadi guru itu pada dasarnya wajib memahami dulu karakteristik peserta didik sebelum ia mengajar biar gak salah menggunakan model belajar.
Jaman now sudah berubah dari era konvensional ke era digital dan siswa pun berubah dari yang tadinya apatis kini menjadi siswa aktif.
Pendekatan guru harus dirubah pula mengikuti perkembangan zaman yang sudah serba digital alias cyber community.
Formatif M4 KB1
1. Bu Beta seorang guru Sekolah Dasar, setiap kali melakukan proses pembelajaran kepada peserta didiknya sering menggunakan benda nyata, kadang-kadang kalau tidak ditemukan benda nyata maka diganti dengan model/triuannya. Bu Beta melakukan demikian dengan alasan peserta didik sekolah dasar taraf perkembangan intelektualnya berada pada tahap operasional konkrit. Dari pernyataan tersebut Bu Beta mengaplikasikan salah satu aspek karakteristik peserta didik yaitu
Usia
2. Perkembangan intelektual peserta didik usia Taman kanak-kanak berada pada fase
Pra operasional
3. Minat merupakan salah satu karakteristik umum peserta didik, memegang peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Untuk melihat peserta didik memiliki minat tinggi atau tidak dapat dilihat dari indikator yang tampak dari peserta didik tersebut. Berikut yang bukan merupakan indikator minat yaitu
Rasa Percaya
4. Guru A merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik pilihannya lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Hal ini berarti guru tersebut sangat memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu
Kultural
5. Guru ketika membentuk kelompok diskusi anggotanya dengan memperhatikan jumlah laki-laki dan perempuan dalam kelas tersebut karena agar kelompoknya heterogen. Hal ini berarti guru tersebut memperhatikan karakteristik umum peserta didik
Gender
6. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang memperhatikan apa yang sedang dibahasnya dan kurang aktif dalam belajar. Guru tersebut berarti memperhatikan aspek perkembangan peserta didik yaitu
Minat
7. Karakteristik umum peserta didik meliputi beberapa aspek. Mana yang bukan merupakan aspek dari karakteristik umum tersebut?
Gaya Belajar
8. Guru ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD Audio, kadang menggunakan poster berwarna agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Dalam pembelajaran tersebut sebenarnya guru memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu
Minat
9. Pak Adit seorang guru SMP X ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh dan pegawai swasta. Namun pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatikan karakteristik peserta didik yaitu
Status sosial
10. Pada peringatan hari sumpah pemuda yang diselenggarakan di Sekolah Dasar Garuda, guru menghimbau untuk menggunakan busana daerah masing-masing. Guru tersebut berarti memperhatikan karakteristik umum peserta didik terutama aspek
Etnik
Baca juga: Formatif M4 KB 2
Materinya seputar karakteristik peserta didik ya teman-teman. Jadi guru itu pada dasarnya wajib memahami dulu karakteristik peserta didik sebelum ia mengajar biar gak salah menggunakan model belajar.
Jaman now sudah berubah dari era konvensional ke era digital dan siswa pun berubah dari yang tadinya apatis kini menjadi siswa aktif.
Pendekatan guru harus dirubah pula mengikuti perkembangan zaman yang sudah serba digital alias cyber community.
Soal dan Jawaban Tes Formatif Modul 4 KB 1 |
1. Bu Beta seorang guru Sekolah Dasar, setiap kali melakukan proses pembelajaran kepada peserta didiknya sering menggunakan benda nyata, kadang-kadang kalau tidak ditemukan benda nyata maka diganti dengan model/triuannya. Bu Beta melakukan demikian dengan alasan peserta didik sekolah dasar taraf perkembangan intelektualnya berada pada tahap operasional konkrit. Dari pernyataan tersebut Bu Beta mengaplikasikan salah satu aspek karakteristik peserta didik yaitu
Usia
2. Perkembangan intelektual peserta didik usia Taman kanak-kanak berada pada fase
Pra operasional
3. Minat merupakan salah satu karakteristik umum peserta didik, memegang peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Untuk melihat peserta didik memiliki minat tinggi atau tidak dapat dilihat dari indikator yang tampak dari peserta didik tersebut. Berikut yang bukan merupakan indikator minat yaitu
Rasa Percaya
4. Guru A merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik pilihannya lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Hal ini berarti guru tersebut sangat memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu
Kultural
5. Guru ketika membentuk kelompok diskusi anggotanya dengan memperhatikan jumlah laki-laki dan perempuan dalam kelas tersebut karena agar kelompoknya heterogen. Hal ini berarti guru tersebut memperhatikan karakteristik umum peserta didik
Gender
6. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang memperhatikan apa yang sedang dibahasnya dan kurang aktif dalam belajar. Guru tersebut berarti memperhatikan aspek perkembangan peserta didik yaitu
Minat
7. Karakteristik umum peserta didik meliputi beberapa aspek. Mana yang bukan merupakan aspek dari karakteristik umum tersebut?
Gaya Belajar
8. Guru ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD Audio, kadang menggunakan poster berwarna agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Dalam pembelajaran tersebut sebenarnya guru memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu
Minat
9. Pak Adit seorang guru SMP X ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh dan pegawai swasta. Namun pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatikan karakteristik peserta didik yaitu
Status sosial
10. Pada peringatan hari sumpah pemuda yang diselenggarakan di Sekolah Dasar Garuda, guru menghimbau untuk menggunakan busana daerah masing-masing. Guru tersebut berarti memperhatikan karakteristik umum peserta didik terutama aspek
Etnik
Baca juga: Formatif M4 KB 2