Halo para pejuang PPG yang sedang berbahagia, ciee bahagia atau masih pusing nih kerjain tugasnya.
Kali ini saya coba bagikan lagi ya contoh pembahasan formatif m3 kb2 tentang teori belajar kognitif.
Beberapa hari ini karena kesibukan jadi untuk upload pembahasan akan bertahap. Semoga bermanfaat.
Teori belajar kognitif merupakan teori belajar Teori belajar kognitif adalah teori yang menjelaskan proses pemikiran dan perbedaan kondisi mental serta pengaruh faktor internal dan eksternal dalam menghasilkan belajarnya seorang individu.
Apabila proses kognitif bekerja normal, maka perolehan informasi dan penyimpanan pengetahuan akan bekerja dengan baik pula. Namun apabila proses kognitif bekerja tidak sebagaimana mestinya, maka terjadilah masalah dalam belajar.
Soal dan Kunci Formatif M3 KB2
1. Kegiatan mengkategorikan memiliki dua komponen yaitu : 1) tindakan pembentukan konsep dan 2) tindakan pemahaman konsep. Merupakan pendapat yang disampaikan oleh
Brunner
2. Seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal, merupakan tahap perkembangan kognitif yang disebut
Tahap enaktif
3. Perkembangan kognitif merupakan suatu proses genetik, yaitu suatu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis perkembangan sistem syaraf merupakan teori yang disampaikan oleh
Piaget
4. Dalam teori kognitif, keadaan yang dipengaruhi oleh bagian otak sebelah kanan adalah
Equilibirasi
5. Proses belajar sebagai perolehan pengetahuan baru dalam diri seseorang dengan cara mengaitkannya dengan struktur kognitif yang sudah ada, merupakan pengorganisasian materi pembelajaran yang disebut
Teori Skema
6. Pemikiran prakonseptual dan periode pemikiran intuitif merupakan bagian dari tahap-tahap perkembangan Piaget, yang berada pada tahapan
Pra-operasional
7. Penataan urutan materi pelajaran dengan memunculkan gagasan mengenai prasyarat belajar, yang dituangkan dalam suatu struktur isi, merupakan pengorganisasian materi pembelajaran yang disebut
Hierarki belajar
8. Proses menerima informasi dari lingkungan dan merespon sesuai dengan struktur kognitif yang telah dimiliki disebut juga dengan
Asimiliasi
9. Menurut Piaget, saat anak sudah mampu menjelaskan hubungan antara sebab akibat, maka anak tersebut telah berada pada tahap perkembangan
Operasional formal
10. Penyeimbangan tendensi bawaan untuk mengorganisasikan pengalaman agar mendapatkan adaptasi yang maksimal, dalam teori kognitif disebut
Equilibirasi
Selamat mengerjakan, jangan lupa cek jawaban di modul juga karena soal bisa saja berubah. Niatkan untuk belajar bukan semata mencari kunci. Share yang banyak ke teman-teman guru yang lain, semoga sukses PPG nya, jangan lupa sedekah biar berkah.
Baca juga>>>>>Pembahasan M3 KB3
Kali ini saya coba bagikan lagi ya contoh pembahasan formatif m3 kb2 tentang teori belajar kognitif.
Beberapa hari ini karena kesibukan jadi untuk upload pembahasan akan bertahap. Semoga bermanfaat.
Teori belajar kognitif merupakan teori belajar Teori belajar kognitif adalah teori yang menjelaskan proses pemikiran dan perbedaan kondisi mental serta pengaruh faktor internal dan eksternal dalam menghasilkan belajarnya seorang individu.
Apabila proses kognitif bekerja normal, maka perolehan informasi dan penyimpanan pengetahuan akan bekerja dengan baik pula. Namun apabila proses kognitif bekerja tidak sebagaimana mestinya, maka terjadilah masalah dalam belajar.
Formatif M3 KB3 Teori Kognitif |
Soal dan Kunci Formatif M3 KB2
1. Kegiatan mengkategorikan memiliki dua komponen yaitu : 1) tindakan pembentukan konsep dan 2) tindakan pemahaman konsep. Merupakan pendapat yang disampaikan oleh
Brunner
2. Seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal, merupakan tahap perkembangan kognitif yang disebut
Tahap enaktif
3. Perkembangan kognitif merupakan suatu proses genetik, yaitu suatu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis perkembangan sistem syaraf merupakan teori yang disampaikan oleh
Piaget
4. Dalam teori kognitif, keadaan yang dipengaruhi oleh bagian otak sebelah kanan adalah
Equilibirasi
5. Proses belajar sebagai perolehan pengetahuan baru dalam diri seseorang dengan cara mengaitkannya dengan struktur kognitif yang sudah ada, merupakan pengorganisasian materi pembelajaran yang disebut
Teori Skema
6. Pemikiran prakonseptual dan periode pemikiran intuitif merupakan bagian dari tahap-tahap perkembangan Piaget, yang berada pada tahapan
Pra-operasional
7. Penataan urutan materi pelajaran dengan memunculkan gagasan mengenai prasyarat belajar, yang dituangkan dalam suatu struktur isi, merupakan pengorganisasian materi pembelajaran yang disebut
Hierarki belajar
8. Proses menerima informasi dari lingkungan dan merespon sesuai dengan struktur kognitif yang telah dimiliki disebut juga dengan
Asimiliasi
9. Menurut Piaget, saat anak sudah mampu menjelaskan hubungan antara sebab akibat, maka anak tersebut telah berada pada tahap perkembangan
Operasional formal
10. Penyeimbangan tendensi bawaan untuk mengorganisasikan pengalaman agar mendapatkan adaptasi yang maksimal, dalam teori kognitif disebut
Equilibirasi
Selamat mengerjakan, jangan lupa cek jawaban di modul juga karena soal bisa saja berubah. Niatkan untuk belajar bukan semata mencari kunci. Share yang banyak ke teman-teman guru yang lain, semoga sukses PPG nya, jangan lupa sedekah biar berkah.
Baca juga>>>>>Pembahasan M3 KB3