Halo teman-teman para pejuang PPG yang berbahagia, lanjut lagi nih kali ini mimin akan coba bagikan contoh kuci tes sumatif modul 1.
Tes sumatif cuma satu kesempatan lho ya jadi nilainya harus minimal 80 lah. Pada dasarnya soal tes sumatif adalah kumpulan soal dari 3 soal formatif sebelumnya ditambah beberapa soal tambahan.
Jika nilai 3 tes formatif kamu sebelumnya bagus maka tidak ada halangan untuk mengatasi soal sumatif ini.
Jadi persiapkan bahan, fisik, mental sebelum tes sumatif. Jangan mengerjakan saat mood kamu lagi jelek.
1. Kemunculan masyarakat informasional itu ditandai dengan lima karakter dasar, antara lain ada teknologi yang bertindak berdasarkan informasi. Pernyataan berikut yang sesuai dengan karakteristik tersebut
Perkembangan teknologi mengikuti perkembangan informasi
2. Ciri utama masyarakat informasi adalah bahwa semua aktivitas masyarakatnya berbasis pada
Pengetahuan
3. Kehadiran e-learning guru abad 21 juga dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan media baru (new media) untuk pembelajaran berbasis web. Oleh karena itu guru perlu mempuyai kompetensi untuk menerapkan
Multimedia
4. Terdapat ungkapan bahwa buku bisa digantikan dengan teknologi, tetapi peran guru tidak bisa digantikan bahkan harus diperkuat. Pada era sekarang abad 21, guru harus mampu memanfaatkan
Teknologi digital untuk mendesain pembelajaran yang kreatif
5. Sekarang ini banyak yang sepakat bahwa masyarakat Indonesia mengalami transisi dari masyarakat offline menuju masyarakat
Online
6. Diperlukan adanya transformasi kultural dari model pembelajaran yang berprinsip searah, top-down dan memosisikan peserta didik sebagai pihak pasif ke arah model pembelajaran konstruktivistik yang berorientasi pada
Peserta didik
7. Pendidikan memegang peranan sangat pentingdan strategis dalam membangun masyarakat berpengetahuan yang memiliki keterampilan: 1)melek teknologi dan media, 2)melakukan komunikasi efektif, 3)berfikir kritis, 4)memecahkan masalah dan
Berkolaborasi
8. Guru harus mulai membiasakan untuk merasakan pembelajaran digital yang terus berkembang melalui cara
Menggunakan TIK pada hal sederhana dan praktis
9. Karakteristik guru abad 21 di tengah pesatnya perkembangan era teknologi digital bagaimanapun harus mampu melakukan transformasi kultural. Karena itu transformasi mengandaikan terjadi proses pergantian dan perubahan dari sesuai yang dianggap lama menjadi sesuatu yang dianggap
Baru
10. Penerapan model.....seperti pembelajaran kooperatif, metode diskusi curah pendapat dan debat perlu diintensifkan sehingga melatih siswa memiliki kemampuan bertanya dan tidak takut bertanya dalam upaya mengembangkan kemampuan berfikir krtitis dan pemecahan masalah.
Konstruktivistik
11. Melalui pola pembelajaran hibrida yang memanfaatkan perangkat komputer ataupun smartphone yang terkoneksi pada jaringan internet memberikan peluang seluas-luasnya bagi guru dan siswa untuk melakukan aktivitas belajar sambil melakukan aktivitas lain termasuk rekreatif secara bersama-sama. Inilah disebut pembelajaran
Multitasking
12. Abad ke 21 salah satunya ditandai dengan munculnya fenomena masyarakat digital. Hal ini sering diidentikkan dengan
Masyarakat informasi
13. Pada awal dekade sembilanpuluhan telah ada buku The Second Media Age yang mengabarkan datangnya periode baru yaitu hadirnya teknologi interaktif dan komunikasi jaringan terutama sejak hadirnya internet. Buku tersebut disusun oleh
Mark Poster
14. Pada abad ke 21 guru harus meningkatkan profesionalnya dengan meningkatkan
Minat baca
15. Transformasi kultural, bila diterapkan dalam kaitannya dengan perkembangan model pembelajaran hibrid, maka konsep transformasi kultural tentu mengandaikan proses alih ubah dari nilai tradisional ke nilai pembelajaran
Modern
16. Fenomena generasi abad 21 memiliki kecakapan nilai dan perilaku seperti rasa keingintahuan tinggi, kepercayaan diri dan keberanian. Tindakan yang tepat oleh seorang guru menyikapi hal tersebut yaitu
Guru memerankan sebagai administrator dan motivator di sekolah
17. Pembelajaran berbasis media baru (new media)maka mengedepankan egalitarianism, kesetaraan, emansipatif dan partisipatif dalam proses komunikasinya, maka student-center lebih sesuai dengan prinsip pembelajaran
Online
18. Masyarakat di Indonesia di era digital abad ke 21 ini ditandai dengan
Semua belum terjangkau internet
19. Berikut ini pandangan yang penting dimiliki seorang guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yaitu
Pemanfaatan TIK harus menjadi bagian terintegrasi dalam pembelajaran
20. Pada abad ke 21 guru juga dituntut untuk bisa menuangkan gagasan-gagasan inovatifnya dalam bentuk
Karya Ilmiah
21. Gelombang keempat atau biasa disebut gelombang 4.0 dicirikan sebagai berikut
Pola-pola komunikasi dua arah
22. Jika hubungan sosial lama menempatkan tempat dengan prinsip kedekatan, ikatan komunikasional adalah meletakan tempat pada
Jarak jauh
23. Menurut Lash generasi kedua ekonomi baru adalah komunikasional, karena hal intu sentralitasnya adalah
Internet dan sektor jaringan
24. Guru abad 21 harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode belajar atau mencari pemecahan masalah-masalah belajar sehingga meningkatkan.......pembelajaran berbasis TIK
Kualitas
25. Ketika transformasi digunakan untuk menjelaskan konsep transformasi budaya maka mengandaikan terjadinya proses alih ubah nilai, sikap dan praksis dalam aktivitas kebudayaan. Tindakan seorang guru berikut yang mencerminkan adanya tranformasi budaya adalah
Mengembangkan sikap kritis terhadap dampak positif dan negatif penggunaan TIK
26. Guru harus mampu memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk mendesain pembelajaran kreatif yang memampukan siswa aktif dan berpikir kritis. Dari pernyataan tersebut maka guru harus berperan sebagai
Fasilitator
27. Informasi tidaklah secara ekslusif, tetapi sebagian besar dalam kaitan ini bahwa kita hidup dalam era informasi. Pernyataan tersebut dikatakan oleh
Scott Lash
28. Menurut Lash generasi pertama perkembangan ICT secara fundamental adalah informasional dengan sektor kuncinya adalah semikonduktor, software (sistem operasi dan aplikasi) dan
Computer
29. Kemampuan gurudalam posisi sebagai fasilitator ini berarti harus mengubah cara berpikir bahwa guru adalah pusat (teacher center) menjadi siswa adalah pusat (student center) sebagaimana dituntut dalam
Kurikulum 2013
30. Di abad ke 21 guru dapat mengarahkan pembelajaran lebih banyak pada diskusi, memecahkan masalah hingga melakukan proyek yang merangsang siswa untuk
Berpikir kritis
Baca juga>>>>Contoh Tugas RPP Abad 21 4C
Tes sumatif cuma satu kesempatan lho ya jadi nilainya harus minimal 80 lah. Pada dasarnya soal tes sumatif adalah kumpulan soal dari 3 soal formatif sebelumnya ditambah beberapa soal tambahan.
Jika nilai 3 tes formatif kamu sebelumnya bagus maka tidak ada halangan untuk mengatasi soal sumatif ini.
Jadi persiapkan bahan, fisik, mental sebelum tes sumatif. Jangan mengerjakan saat mood kamu lagi jelek.
Tes Sumatif M1 PPG |
Perkembangan teknologi mengikuti perkembangan informasi
2. Ciri utama masyarakat informasi adalah bahwa semua aktivitas masyarakatnya berbasis pada
Pengetahuan
3. Kehadiran e-learning guru abad 21 juga dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan media baru (new media) untuk pembelajaran berbasis web. Oleh karena itu guru perlu mempuyai kompetensi untuk menerapkan
Multimedia
4. Terdapat ungkapan bahwa buku bisa digantikan dengan teknologi, tetapi peran guru tidak bisa digantikan bahkan harus diperkuat. Pada era sekarang abad 21, guru harus mampu memanfaatkan
Teknologi digital untuk mendesain pembelajaran yang kreatif
5. Sekarang ini banyak yang sepakat bahwa masyarakat Indonesia mengalami transisi dari masyarakat offline menuju masyarakat
Online
6. Diperlukan adanya transformasi kultural dari model pembelajaran yang berprinsip searah, top-down dan memosisikan peserta didik sebagai pihak pasif ke arah model pembelajaran konstruktivistik yang berorientasi pada
Peserta didik
7. Pendidikan memegang peranan sangat pentingdan strategis dalam membangun masyarakat berpengetahuan yang memiliki keterampilan: 1)melek teknologi dan media, 2)melakukan komunikasi efektif, 3)berfikir kritis, 4)memecahkan masalah dan
Berkolaborasi
8. Guru harus mulai membiasakan untuk merasakan pembelajaran digital yang terus berkembang melalui cara
Menggunakan TIK pada hal sederhana dan praktis
9. Karakteristik guru abad 21 di tengah pesatnya perkembangan era teknologi digital bagaimanapun harus mampu melakukan transformasi kultural. Karena itu transformasi mengandaikan terjadi proses pergantian dan perubahan dari sesuai yang dianggap lama menjadi sesuatu yang dianggap
Baru
10. Penerapan model.....seperti pembelajaran kooperatif, metode diskusi curah pendapat dan debat perlu diintensifkan sehingga melatih siswa memiliki kemampuan bertanya dan tidak takut bertanya dalam upaya mengembangkan kemampuan berfikir krtitis dan pemecahan masalah.
Konstruktivistik
11. Melalui pola pembelajaran hibrida yang memanfaatkan perangkat komputer ataupun smartphone yang terkoneksi pada jaringan internet memberikan peluang seluas-luasnya bagi guru dan siswa untuk melakukan aktivitas belajar sambil melakukan aktivitas lain termasuk rekreatif secara bersama-sama. Inilah disebut pembelajaran
Multitasking
12. Abad ke 21 salah satunya ditandai dengan munculnya fenomena masyarakat digital. Hal ini sering diidentikkan dengan
Masyarakat informasi
13. Pada awal dekade sembilanpuluhan telah ada buku The Second Media Age yang mengabarkan datangnya periode baru yaitu hadirnya teknologi interaktif dan komunikasi jaringan terutama sejak hadirnya internet. Buku tersebut disusun oleh
Mark Poster
14. Pada abad ke 21 guru harus meningkatkan profesionalnya dengan meningkatkan
Minat baca
15. Transformasi kultural, bila diterapkan dalam kaitannya dengan perkembangan model pembelajaran hibrid, maka konsep transformasi kultural tentu mengandaikan proses alih ubah dari nilai tradisional ke nilai pembelajaran
Modern
16. Fenomena generasi abad 21 memiliki kecakapan nilai dan perilaku seperti rasa keingintahuan tinggi, kepercayaan diri dan keberanian. Tindakan yang tepat oleh seorang guru menyikapi hal tersebut yaitu
Guru memerankan sebagai administrator dan motivator di sekolah
17. Pembelajaran berbasis media baru (new media)maka mengedepankan egalitarianism, kesetaraan, emansipatif dan partisipatif dalam proses komunikasinya, maka student-center lebih sesuai dengan prinsip pembelajaran
Online
18. Masyarakat di Indonesia di era digital abad ke 21 ini ditandai dengan
Semua belum terjangkau internet
19. Berikut ini pandangan yang penting dimiliki seorang guru dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yaitu
Pemanfaatan TIK harus menjadi bagian terintegrasi dalam pembelajaran
20. Pada abad ke 21 guru juga dituntut untuk bisa menuangkan gagasan-gagasan inovatifnya dalam bentuk
Karya Ilmiah
21. Gelombang keempat atau biasa disebut gelombang 4.0 dicirikan sebagai berikut
Pola-pola komunikasi dua arah
22. Jika hubungan sosial lama menempatkan tempat dengan prinsip kedekatan, ikatan komunikasional adalah meletakan tempat pada
Jarak jauh
23. Menurut Lash generasi kedua ekonomi baru adalah komunikasional, karena hal intu sentralitasnya adalah
Internet dan sektor jaringan
24. Guru abad 21 harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode belajar atau mencari pemecahan masalah-masalah belajar sehingga meningkatkan.......pembelajaran berbasis TIK
Kualitas
25. Ketika transformasi digunakan untuk menjelaskan konsep transformasi budaya maka mengandaikan terjadinya proses alih ubah nilai, sikap dan praksis dalam aktivitas kebudayaan. Tindakan seorang guru berikut yang mencerminkan adanya tranformasi budaya adalah
Mengembangkan sikap kritis terhadap dampak positif dan negatif penggunaan TIK
26. Guru harus mampu memanfaatkan teknologi digital yang ada untuk mendesain pembelajaran kreatif yang memampukan siswa aktif dan berpikir kritis. Dari pernyataan tersebut maka guru harus berperan sebagai
Fasilitator
27. Informasi tidaklah secara ekslusif, tetapi sebagian besar dalam kaitan ini bahwa kita hidup dalam era informasi. Pernyataan tersebut dikatakan oleh
Scott Lash
28. Menurut Lash generasi pertama perkembangan ICT secara fundamental adalah informasional dengan sektor kuncinya adalah semikonduktor, software (sistem operasi dan aplikasi) dan
Computer
29. Kemampuan gurudalam posisi sebagai fasilitator ini berarti harus mengubah cara berpikir bahwa guru adalah pusat (teacher center) menjadi siswa adalah pusat (student center) sebagaimana dituntut dalam
Kurikulum 2013
30. Di abad ke 21 guru dapat mengarahkan pembelajaran lebih banyak pada diskusi, memecahkan masalah hingga melakukan proyek yang merangsang siswa untuk
Berpikir kritis
Baca juga>>>>Contoh Tugas RPP Abad 21 4C