Halo sahabat blogger, kali saya akan sedikit berbagi tentang membuat lesson plan materi peta pemetaan.
Pada materi peta pemetaan ini guru geografi dapat melakukan berbagai macam variasi pembelajaran agar siswa menjadi aktif. Salah satu kegiatan yang pernah saya lakukan adalah "mengidentifikasi lokasi ibukota negara dan propinsi pada peta".
Kegiatan ini beisa dilakukan secara individu atau kelompok. Jika dilakukan individu, usahakan tiap anak bawa atlas. Baca juga: Tipe-tipe gumuk pasir di dunia
Pada materi peta pemetaan ini guru geografi dapat melakukan berbagai macam variasi pembelajaran agar siswa menjadi aktif. Salah satu kegiatan yang pernah saya lakukan adalah "mengidentifikasi lokasi ibukota negara dan propinsi pada peta".
Kegiatan ini beisa dilakukan secara individu atau kelompok. Jika dilakukan individu, usahakan tiap anak bawa atlas. Baca juga: Tipe-tipe gumuk pasir di dunia
Kegiatan ini dilakukan pada indikator: mengidentifikasi komponen peta dan mengidentifikasi simbol peta.
Alat dan bahan yang harus ada adalah peta geografis Indonesia dan benua. Apa yang saya lakukan di kelas?. Berikut ini rincian lesson plan sederhananya:
Alat dan bahan yang harus ada adalah peta geografis Indonesia dan benua. Apa yang saya lakukan di kelas?. Berikut ini rincian lesson plan sederhananya:
1. Guru memberikan apersepsi
2. Guru menampilkan gambar peta/membawa peta dunia ke kelas
3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca komponen peta
4. Siswa diminta untuk mengkomunikasikan hasil telaahnya secara random
5. Guru memberikan penjelasan tentang komponen peta
6. Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
7. Siswa diminta menuliskan ibukota propinsi/ibukota negara yang berada di wilayah dataran rendah, perbukitan atau dataran tinggi.
Intinya anak harus memahami dulu tentang fungsi warna peta. Warna hijau menandakan dataran rendah, warna kuning perbukitan, warna cokelat dataran tinggi/pegunungan.
Baca juga:
Teknik apersepsi kelas dunia, mau?
Mekanisme arus katabatik dan anabatik
Baca juga:
Teknik apersepsi kelas dunia, mau?
Mekanisme arus katabatik dan anabatik
Sesudah beres, kita bisa berdiskusi menganalisa tentang lokasi ibukota tersebut. Mengapa kota-kota besar banyak dibangun di dataran rendah, mengapa sedikit yang di daerah perbukitan. Apa keuntungan dan kerugiannya?.
Ini akan menjadi sebuah model saintifik. Dengan menggunakan peta kita bisa belajar komponen peta sekaligus menganalisa lokasi pada peta?. Bagaimana, tertarik untuk melakukannya?.
Ini akan menjadi sebuah model saintifik. Dengan menggunakan peta kita bisa belajar komponen peta sekaligus menganalisa lokasi pada peta?. Bagaimana, tertarik untuk melakukannya?.